Sinta Dewi Lestari, 145060243 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 066 Halimun Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bahasa Inggris.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. Sunda.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (980kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (548kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN 066 Halimun khususnya di kelas V dengan jumlah siswa 31 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema organ gerak hewan. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan yang ditemukan peneliti yaitu metode konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga kurangnya sikap perca ya diri, sikap peduli, sikap tanggung jawab dan sikap disiplin siswa yang menyebabkan hasil belajar siswa menurun pada saat belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan sikap percaya diri, sikap peduli, sikap tanggung jawab, sikap disiplin dan hasil belajar siswa. Pada siklus I sikap percaya diri siswa hanya mendapatkan hasil persentase sebesar 32%, pada siklus II mendapatkan hasil persentase sebesar 67% dan pada siklus III mengalami peningkatan dan mendapatkan hasil persentase 84%. Pada siklus I sikap peduli siswa hanya mendapatkan hasil persentase 42%, pada siklus II mendapatkan hasil persentase sebesar 71% dan pada siklus III mengalami peningkatan dan mendapatkan hasil persentase sebesar 84%. Pada siklus I sikap tanggung jawab siswa hanya mendapatkan hasil persentase 32%, pada siklus II mendapatkan hasil persentase sebesar 71% dan pada siklus III mengalami peningkatan dan mendapatkan hasil persentase sebesar 87%. Pada siklus I sikap disiplin siswa hanya mendapatkan hasil persentase 48%, pada siklus II mendapatkan hasil persentase sebesar 74%, dan pada siklus III mengalami peningkatan dan mendapatkan hasil persentase sebesar 84%. Hasil belajar siswa pada siklus I dari jumlah siswa 31 orang, hanya 15 orang yang sudah mendapatkan nilai KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 48%, pada siklus II 19 orang yang sudah mendapatkan nilai KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 61% dan pada siklus III 26 orang sudah mendapatkan nilai KKM dengan persentase 84%. Dengan demikian penggunaan model discovery learning yang digunakan sudah berhasil. Terbukti dengan adanya peningkatan persentase pada setiap siklusnya. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Sikap Percaya Diri, Sikap Peduli, Sikap Tanggung Jawab, Sikap Disiplin dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Sep 2018 02:28 |
Last Modified: | 25 Sep 2018 02:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36875 |
Actions (login required)
View Item |