PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E (ELICIT, ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE, EVALUATE, AND EXTEND) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMA

SRI DEWI UTAMI, 145050053 (2018) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E (ELICIT, ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE, EVALUATE, AND EXTEND) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan yang dianggap penting untuk membantu siswa dalam mempresentasikan ide atau gagasan matematis yang mereka miliki baik dalam memahami suatu konsep maupun dalam penyelesaian masalah matematika. Di sisi lain, elemen penting yang harus di miliki dalam diri siswa adalah Self Efficacy. Namun kenyataannya kemampuan representasi matematis dan Self Efficacy siswa masih tergolong rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan Self Efficacy siswa adalah model Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ; (2) Mengetahui apakah Self Efficacy siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ; (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan representasi matematis dan Self Efficacy siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol pretes postes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Sumatra 40 Bandung tahun ajaran 2018/2019. Adapun sampel penelitiannya sebanyak dua kelas yaitu siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 1 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan representasi matematis dan skala Self Efficacy. Berdasarkan hasil analisis data dan temuan penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Self Efficacy siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang mempe roleh pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan representasi matematis dan Self Efficacy siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E. Kata Kunci: Model Learning Cycle 7E, Kemampuan Representasi Matematis, Self Efficacy, Pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Sep 2018 01:49
Last Modified: 25 Sep 2018 01:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36852

Actions (login required)

View Item View Item