PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG (Studi Eksperimen kelas XI IPS 2 Sub materi perdagangan internasional tahun ajaran 2017-2018)

Chyntia Restu Pratiwi, 145020009 (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG (Studi Eksperimen kelas XI IPS 2 Sub materi perdagangan internasional tahun ajaran 2017-2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRACT bahasa inggris.pdf

Download (0B)
[img] Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Number Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Pasundan 1 Bandung (Studi Quasi Eksperimen Kelas XI IPS 2 Sub Materi Perdagangan Internasiona Tahun Ajaran 2017-2018). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar model pembelajaran cooperative learning tipe number heads together (NHT) dengan kelas kontrol yang yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Studi Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 di SMA Pasundan 1 Bandung. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan tes berbentuk tes pilihan gan da dan teknik pengolahan data dengan cara N-Gain atau peningkatan nilai pretest dan posttest. Hipotesis dari penelitian ini berbunyi, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakann model pembelajaran cooperative learning tipe number heads together dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan temuan dan pengolahan data di lapangan menunjukkan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe number heads together kelas eksperimen memperoleh nilai posttest dengan rata-rata nilai 81,06 dan pada kelas kontrol memperoleh nilai posttest dengan rata-rata nilai 68,64. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada peserta didik, diharapkan dapat mengembangkan intelektual dan dapat lebih aktif di kelas. Bagi guru, diharapkan model pembelajaran cooperative learning tipe number heads together dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran. Bagi sekolah, diharapkan agar dijadikan sumber informasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebagai bahan masukan dan upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perbaikan proses pembelajaran. Bagi kepala sekolah, diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidik serta dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi pemerintah, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang merata disetiap jenjang pendidikan. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran cooperative learning tipe number heads together (NHT) menjadi lebih baik lagi pada pelajaran dan kelas yang berbeda juga di sekolah yang berbeda pula. Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Number Heads Together (NHT), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Sep 2018 08:02
Last Modified: 21 Sep 2018 08:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36573

Actions (login required)

View Item View Item