PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL-ELICITING ACTIVIES (MEAs) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP

SARAH NURSHIAMI SOPANDI, 145050057 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL-ELICITING ACTIVIES (MEAs) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover Hitam Putih SKRIPSI SARAH.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis memiliki peranan penting dalam keberhasilan siswa menguasai materi matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan tersebut masih belum memadai. Disposisi matematis siswa haruslah ditanam dan ditumbuhkembangkan dalam diri siswa, karena melihat peranan disposisi matematis dalam pembelajaran matematika sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) mengetahui disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh Model-Eliciting Activities (MEAs). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan Model-Eliciting Activities (MEAs) dan kelas VII H sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan berpikir kritis dan skala disposisi matematis. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran model Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajran ekspositori; (2) disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model Model-Eliciting Activities (MEAs). Kata kunci : Model-Eliciting Activities (MEAs), kemampuan berpikir kritis, disposisi matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Sep 2018 07:34
Last Modified: 21 Sep 2018 07:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36569

Actions (login required)

View Item View Item