PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV SDN Manoko Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2017/2018)

Ghania Sophia Nurdiani, 145060207 (2018) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Kayanya Negeriku di Kelas IV SDN Manoko Lembang Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.pdf

Download (0B)
[img] Text
abstrak indo.pdf

Download (0B)
[img] Text
abstrak inggris.pdf

Download (0B)
[img] Text
abstrak sunda.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Role Playing pada subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Manoko Lembang. Objek penelitian adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik 39 orang yang terdiri atas 19 laki-laki dan 20 orang perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model PTK, yang terdiri dari III siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh hasil sebesar 3,73, meningkat pada siklus II sebesar 3,86 dan meningkat pada siklus III sebesar 4,00. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh hasil sebesar 3,46, meningkat pada siklus II sebesar 3,65 dan meningkat pada siklus III sebesar 3,9. Pada hasil belajar peserta didik yang di peroleh dari 2 aspek yaitu aspek afektif dan kognitif. Menunjukan bahwa pada siklus I peserta didik meraih ketuntasan sikap percaya diri (afektif) 20.51%, sikap peduli meraih 23.07%, sedangkan sikap tanggung jawab meraih 23.07%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 54.35 dengan persentase 53.84%. Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil pretest dan posttest pada siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap percaya diri (afektif) sebesar 51.28%, sikap peduli sebesar 43.58% sedangkan sikap tanggung jawab meraih 48,71%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 64,10 dengan persentase 84.61%. Pada tindakan siklus III yang merupakan perbaikan dari hasil pretest dan posttest pada siklus II mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap percaya diri (afektif) sebesar 89.74% sikap peduli meraih 89.74% sedangkan sikap tanggung jawab meraih 89.74%, dan pengetahuan (kognitif) sebesar 70,64 dengan persentase 92.30%. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah dengan penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Manoko Lembang. Kata kunci: Role Playing, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Sep 2018 07:15
Last Modified: 21 Sep 2018 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36567

Actions (login required)

View Item View Item