PENGGUNAAN MODEL PEMVELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Tema 9 Kayanya Negeriku di Kelas IV SDN Cicalengka 07 Kabupaten Bandung)

Darmawati, 145060193 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMVELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Tema 9 Kayanya Negeriku di Kelas IV SDN Cicalengka 07 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa termasuk didalamnya sikap rasa ingin tahu melalui model pembelajaran discovery learning pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV B SDN Cicalengka 07 kabupaten bandung yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sikap rasa ingin tahu siswa kelas IV B SDN Cicalengka 07, Siswa cenderung pasif dan tidak ada kemamuan untuk mempelajari lebih dari satu buku, siswa kurang minat dalam belajar sehingga dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan 3 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik evaluasi yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes untuk mengetahui rasa ingin tahu siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM 19 dan siswa yang belum mencapai KKM 11 dengan persentase 63%. Siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 22 dan yang belum mencapai KKM 8 dengan persentase 73%. Pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa meningkat kembali mencapai 87% dengan jumlah siswa yang mencapai KKM 26 dan yang belum mencapai KKM 4 siswa. Sedangkan hasil penilaian sikap pada siklus I mencapai persentase 48% kategori sedang. Pada siklus II mencapai persentase 72,27% kategori tinggi. Kemudian siklus III mencapai persentase 86,33% kategori sangat tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini, bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar. Demikian model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk digunakan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: discovery learning, rasa ingin tahu, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Sep 2018 06:46
Last Modified: 21 Sep 2018 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36565

Actions (login required)

View Item View Item