PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Cibiru VIII Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Rizka Rahmasari Dodo, 145060175 (2018) PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Cibiru VIII Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.pdf

Download (0B)
[img] Text
Abstrak B.Indonesia.pdf

Download (0B)
[img] Text
Abstrak B.Inggris.pdf

Download (0B)
[img] Text
Abstrak B.Sunda.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Cibiru VIII Bandung yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema 1 organ gerak hewan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Keadaan siswa yang masih kurang dalam aspek afektif, kognitif, dan psikomotor serta masih banyak siswa yang nilainya di bawah KKM dikarenakan guru yang masih menggunakan satu model atau metode pembelajaran yang berpusat pada guru dan belum menggunakan model inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil belajar siswa pada siklus I presentase 69,22%, pada siklus II 74,35% dan pada siklus III 87,17%. Sikap percaya diri siswa pada siklus I presentase 61,53%, pada siklus II 84,61% dan pada siklus III 87,17%. Sikap tanggung jawab siswa pada siklus I presentase 48,71%, pada siklus II 84,6% dan pada siklus III 92,23%. Sikap disiplin siswa pada siklus I presentase 73,99%, pada siklus II 89,74 dan pada siklus III 94,8%. Keterampilan siswa dalam menulis berdasarkan gambar pada siklus I presentase 71,78%, pada siklus II 87,17 dan pada siklus III 89,73%. Kata Kunci : Inkuiri, percaya diri, tanggung jawab, disiplin, keterampilan menulis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Sep 2018 06:34
Last Modified: 21 Sep 2018 06:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36562

Actions (login required)

View Item View Item