RIRIN DWI ANDRIYANI, 145010042 (2018) PERAN GURU PKN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI BUDAYA 7S (SENYUM, SAPA, SALAM, SALAMAN, SOPAN, SANTUN, SABAR) SEBAGAI WUJUD TANGGUNG JAWAB SISWA (Studi Deskriptif SMA Pasundan 2 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. Cover.pdf Download (0B) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (0B) |
|
Text
5. ABSTRACT.pdf Download (0B) |
|
Text
9. BAB I Fix.pdf Download (0B) |
|
Text
10. BAB II Fix.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. BAB III Fix.pdf Download (0B) |
|
Text
12. BAB IV Fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13. BAB V Fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Pendidikan Karakter yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik sebagai wujud tanggung jawab di lingkungan sekolah. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa melalui budaya 7S (Senyum, Sapa, Salam, Salaman, Sopan, Santun, Sabar) sebagai wujud tanggung jawab siswa di SMA Pasundan 2 Bandung. Tanggung jawab siswa dapat terbentuk ketika peserta didik memb iasakan hal-hal positif seperti melaksanakan budaya 7S yang diterapkan sekolah. Guru Pkn sangat berperan penting dalam membentuk karakter peserta didik dengan cara meningkatkan pendidikan karakter melalui budaya 7S sebagai wujud tanggung jawab siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan menggunkaan pendekatan kualitatif, dimana penulis merupakan instrument utama untuk mendapatkan data secara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PKn, 12 Siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian didapat bahwa peran guru PKN itu sangat penting dan guru Pkn selalu menjadi tauladan bagi peserta didik untuk selalu memiliki etika dan tata krama kepada orang lain. Guru Pkn yang dekat dengan siswa agar dapat mengetahui permasalahan siswa serta selalu memberi arahan, dorongan dan bimbingan kepada siswa untuk selalu bersikap dan berperilaku sesuai budaya 7S yang diterapkan sekolah. Karena dengan adanya 7S, dapat melahirkan kebiasaan-kebiasaan positif bagi peserta didik di SMA Pasundan 2 Bandung. Saran bagi sekolah dan guru PKn adalah selalu bekerja sama untuk membimbing dan mendorong serta membina siswa untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa melalui budaya 7S agar t erlihat wujud tanggung jawab siswa di sekolah dan bisa diterapkan dilingkungan keluarga dan masyarakat. Kata Kunci : Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Meningkatkan Pendidikan Karakter, Budaya 7S, Wujud Tanggung Jawab Peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 03:05 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 03:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36560 |
Actions (login required)
View Item |