Risda Ilmania Saragih, 145020109 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA APLIKASI PREZI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN (Studi Kasus Pembelajaran Ekonomi Pada Sub Tema Koperasi Kelas X IPS 1 di SMAN 9 Bandung tahun ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER.docx.pdf Download (0B) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (0B) |
|
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (0B) |
|
Text
7. RINGKESAN.pdf Download (0B) |
|
Text
14. BAB 1.pdf Download (0B) |
|
Text
15. BAB 2.pdf Download (0B) |
|
Text
16. BAB 3.pdf Download (0B) |
|
Text
17. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
18. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
Abstract
Judul penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Aplikasi Prezi dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru sering menggunakan metode ceramah dan penggunaan media pembelajaran belum optimal, sehingga mempengaruhi tingkat pemahaman materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media aplikasi prezi terhadap pemahaman materi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, dan uji hipotesis dan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Dalam penelitian ini terdapat populasi yaitu siswa kelas X IPS 1 di SMA Negeri 9 Bandung semester genap tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media aplikasi prezi terhadap pemahaman materi pembelajaran sebesar 15,5%. Analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut : Y = 17,471 + 0,274 X artinya bahwa setiap ada peningkatan 1 nilai pada model pembelajaran kooperatif NHT dengan media aplikasi prezi akan meningkatkan 0,274 pemahaman materi pembelajaran siswa. Koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 15,5%. Kesimpulan hipotesis penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru, diharapkan guru dapat menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media aplikasi prezi atau model dan media pembelajaran lain yang relevan sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan mudah diterima oleh siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Aplikasi Prezi, Pemahaman Materi Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 02:50 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 02:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36557 |
Actions (login required)
View Item |