PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO DENGAN METODE PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Pada Sentra Usaha Kaos Suci Kota Bandung)

HERU DIAN HERMAWAN, 144010233 and Pembimbing I, Dr. Ina Ratnamiasih., SE., MSi (2018) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO DENGAN METODE PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Pada Sentra Usaha Kaos Suci Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul pengaruh lingkungan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja usaha mikro dengan metode pendekatan balanced scorecard (studi pada Sentra Kaos Suci Kota Bandung). Kinerja usaha merupakan aspek penting dalam sebuah usaha, kinerja menjadi landasan atau acuan yang sesungguhnya dalam suatu usaha. Kinerja perlu dijadikan sebagai acuan atau target bagi pengusaha untuk mengetahui tinggi rendahnya kinerja pada perusahaannya. Untuk meningkatkan kinerja usaha dibutuhkan komitmen yang tinggi agar terdorong untuk kerja secara optimal serta lingkungan kerja yang mendukung dalam pencapaian tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja usaha secara simultan maupun parsial. Responden dalam penelitian ini adalah pengusaha kaos yang ada di Sentra Kaos Suci Kota Bandung yang berjumlah 30 pengusaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampel insidental. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, korelasi berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan komitmen organisasi memiliki pengaruh secara simultan sebesar 85,01% dan berpengaruh positif serta signifikan terhadap kinerja usaha. Secara parsial menunjukkan bahwa komitmen organisasi memiliki pengaruh yang lebih besar yaitu sebesar 72,53% berpengaruh positif serta signifikan terhadap kinerja usaha, dan lingkungan kerja memiliki pengaruh sebesar 12,41% berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja usaha. Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Komitmen Organisasi dan Kinerja Usaha

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 20 Sep 2018 07:18
Last Modified: 20 Sep 2018 07:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36546

Actions (login required)

View Item View Item