MAHARANI, 145030018 (2018) PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS RESENSI DARI CERITA PENDEK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN METODE THINK PAIR AND SHARE (TPS) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
6. abstrak indo.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
7. abstrak inggris.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
8. abstrak sunda.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB III.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
|
Text
18. daftar pustaka.pdf Download (275kB) | Preview |
Abstract
Menyusun teks resensi adalah kegiatan yang mencakup dua keterampilan berbahasa yaitu membaca dan menulis yang kemudian dikombinasikan dalam satu materi pembelajaran, yang memiliki keterkaitan yang sangat erat. Berdasarkan dengan hal tersebut penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Menyusun Teks Resensi dari Cerita Pendek sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan metode Think Pair and Share (TPS) pada Peserta Didik Kelas XI SMA Nasional Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Perumusan masalah ini meliputi kemampuan penulis merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menyusun teks resensi dari cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMA Nasional Bandung dengan menggunakan metode Think Pair and Share (TPS), kemampuan peserta didik kelas XI SMA Nasional Bandung menyusun teks resensi dari cerita pendek dengan tepat, keefektifan metode Think Pair and Share (TPS) apabila diterapkan dalam pembelajaran menyusun teks resensi dari cerita pendek di kelas XI SMA Nasional Bandung, kemampuan metode Think Pair and Share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Nasional Bandung, serta perbedaan hasil belajar dan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran menyusun teks resensi dari cerita pendek antara diterapkannya metode Think Pair and Share (TPS) dengan metode diskusi sebagai kelas kontrol di kelas XI SMA Nasional Bandung. Adapun hasilnya; hipotesis pertama diterima dengan hasil nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,74. Hipotesis kedua diterima, dilihat dari nilai rata-rata pretes di kelas kontrol dan kelas ekeperimen masing-masing sebesar 32,75 dan 40,2 serta nilai rata-rata postes di kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing sebesar 70 dan 84,8. Hipotesis ketiga diterima, dilihat dari hasil perhitungan statistik di kelas eksperimen yaitu thitung > ttabel yaitu 33,79 > 23,4, sedangkan hasil perhitungan statistik di kelas kontrol yaitu 19,91 < 27,3. Hipotesis keempat diterima, dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata sikap berpikir kritis peserta didik dari kelas kontrol ke kelas eksperimen sebesar 51,93%. Hipotesis kelima diterima, dilihat dari adanya perbedaan nilai rata-rata selisih pretes dan postes (deviasi) di kelas kontrol dan eksperimen yaitu masing-masing sebesar 37,35 dan 44,6. Kata Kunci: Teks resensi, berpikir kritis, think pair and share.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 04:25 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 04:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36540 |
Actions (login required)
View Item |