AZKA VINANNISA, 145050005 (2018) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER AZKA.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Berpikir kritis merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dikembangkan disekolah, guru diharap mampu merealisasikan pembelajaran yang mengaktifkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Rendahnya mathematics self efficacy menyebabkan siswa cenderung menghindari tugas berkaitan dengan matematika karena tidak adanya kepercayaan bahwa dia mempunyai kemampuan di bidang tersebut. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) Untuk mengetahui self efficacy siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Untuk mengetahui hasil korelasi antara berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui hasil pretes dan postes pada kelas eksperimen maupun kontrol. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji Shapiro-Wilk dan Independent Sample T-Test dengan bantuan software SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) Kemampuan self efficacy matematis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Dengan demikian pendekatan pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran RME, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self Efficacy.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 02:49 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 06:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36532 |
Actions (login required)
View Item |