AMELIA DINA, 145020105 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA PASUNDAN 1 DAN SMA PASUNDAN 2 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
JUDUL.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (459kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji masalah kualitas soal ujian nasional, Analisis Kemampuan Siswa dalam Menjawab Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif karena mengungkap fakta yang ada dan selanjutnya menjelaskan secara kuantitatif tentang fakta yang dimaksudkan untuk menguji pertanyaan penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif karena data yang diperoleh dalam bentuk angka dan dianalisis untuk kemudian ditarik kesimpulannya mengunakan ANATES V.4. Berdasarkan hasil analisis tingkat kesukaran diketahui bahwa butir soal tergolong sangat sukar berjumlah 1 butir (2,00%), sukar berjumlah 6 (23,5%), sedang berjumlah 19 butir (70,5%), mudah berjumlah 1 butir (2,00%), sangat mudah berjumlah 1 butir (2,00%). Dengan kata lain dikatakan soal didominasi oleh tingkat sedang. Dari hasil penelitian daya beda diketahui bahwa butir soal yang daya pembedanya tidak baik berjumlah 5 butir (24%), kurang baik berjumlah 3 butir (12%), cukup baik berjumlah 4 butir (13%), Baik berjumlah 8 butir (25,5%), dan amat baik berjumlah 8 butir (25,5%). Berdasarkan data yang diperoleh, jika ditinjau dari tingkat kognitif Taksonomi Bloom pada bentuk soal pilihan ganda didapat bahwa tidak ada pada tingkat pengetahuan (C1), 2 (7%) pada tingkat pemahaman, 8 (28%) pada tingkat menerapkan, 17 (61%) pada tingkat menganalisis, 1 (4%) pada tingkat sintesis sedangkan tingkat menciptakan tidak ada sama sekali. Dilihat dari hasil penelitian bahwa guru seharusnya memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk melaksanakan evaluasi terhadap proses maupun hasil belajar siswa. Dengan dilakukan analisis butir soal maka diharapkan soal yang dijadikan tes mendatang dapat berkualitas baik sehingga dapat mengukur hasil belajar peserta didik secara tepat. Khususnya dalam mata pelajaran Ekonomi di SMA Pasundan 1 & SMA Pasundan 2 Bandung. Kata Kunci : Analisis, Soal Ujian Nasional, Kemampuan Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 07:39 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 07:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36517 |
Actions (login required)
View Item |