PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia di Kelas IV G SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018 )

Yuni Hendrayani, 145060022 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia di Kelas IV G SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV G SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung. Objek penelitian adalah siswa kelas IV G dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri atas 20 laki-laki dan 12 orang perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model PTK, yang terdiri dari III siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh hasil sebesar 3,15 meningkat pada siklus II sebesar 3,5 dan meningkat pada siklus III sebesar 3,75. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh hasil sebesar 3,2 meningkat pada siklus II sebesar 3,41 dan meningkat pada siklus III sebesar 3,73. Pada hasil belajar siswa yang di peroleh dari tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Menunjukan bahwa pada siklus I siswa meraih ketuntasan aspek kognitif (pengetahuan) sebesar 46,8%, sikap peduli (afektif) meraih 37,5%, sikap percaya diri meraih 31,2%, sedangkan sikap tanggung jawab meraih 46,8%, dan aspek psikomotor (keterampilan) meraih ketuntasan sebesar 40,6%. Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil pre test dan post test pada siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasan aspek kognitif (pengetahuan) sebesar 71,8%, sikap peduli (afektif) sebesar 59,4%, sikap percaya diri sebesar 56% sedangkan sikap tanggung jawab meraih 65,6%, dan psikomotor (keterampilan) sebesar 59,3%. Pada tindakan siklus III yang merupakan perbaikan dari hasil pre test dan post test pada siklus II mengalami peningkatan persentase ketuntasan aspek kognitif (pengetahuan) sebesar 90%, sikap peduli (afektif) sebesar 84,3% sikap percaya diri meraih 87,5% sedangkan sikap tanggung jawab meraih 90,6%, dan keterampilan (psikomotor) sebesar 90,6%. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV G SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung. Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2018 06:41
Last Modified: 19 Sep 2018 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36511

Actions (login required)

View Item View Item