PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 114 SDN Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung)

Intan Restu Agustri, 145060031 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 114 SDN Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB II.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
08. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
09. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung yang disebabkan dalam kesehariannya siswa hanya mendengarkan ketika guru menjelaskan materi, dan pembelajaran berpusat pada guru serta cara mengajar guru masih konvensional. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan yang dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa, salah satunya dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan tiga siklus. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas IV dengan menggunakan model Problem Based Learning menghasilkan peningkatan pada sikap kerjasama di siklus I sebesar 41%, siklus II sebesar 66%, dan siklus III sebesar 85%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan setiap siklusnya, dari siklus I sebesar 58, siklus II sebesar 74, dan siklus III sebesar 83. Serta peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 41%, siklus II sebesar 67%, dan siklus III sebesar 85%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan setiap siklusnya, dari siklus I sebesar 67, siklus II sebesar 74, dan siklus III sebesar 81. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap kerjasama hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Kata Kunci: Sikap Kerjasama, Hasil belajar, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:43
Last Modified: 19 Sep 2018 04:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36509

Actions (login required)

View Item View Item