DWI LESTARI, 145010032 (2018) PERANAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKn (Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Gantar Kec. Gantar Kab. Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI FIX.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (605kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
Sebelum diterapkannya sistem full day school di dunia pendidikan yang peserta didiknya diharuskan untuk berada di sekolah selama 9 jam masih banyak siswa yang mengeluh atau malas untuk belajar, apalagi dengan diterapkannya sistem full day school yang siswanya diharuskan belajar di sekolah selama 11 jam dengan rentang waktu dari pukul 07.00-16.00 WIB. Untuk mengatasi adanya gesekan yang mungkin akan menimbulkan perpecahan, maka setiap sekolah menerapkan beberapa sanksi untuk memperbaiki sikap dan moral para peserta didikya, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan adanya penerapan sanksi-sanksi bagi siapapun yang melanggar peraturan sekolah. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui keadaan di sekolah dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Gantar. 2) Mengetahui pelaksanaan sistem full day school dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Gantar. 3) Mengetahui peranan sistem full day school dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Gantar. 4) Mengetahui hambatan yang muncul dan upaya yang dilakukan dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Gantar. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan pendakatan kualitatif, dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah Guru mata pelajaran PPKn dan peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XII IPS SMA Negeri 1 Gantar. Pengumpulan data dan Instrumen penelitian dalam metode kualitatif yaitu observasi, wawancara, angket, studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: Melalui wawancara, peranan sistem full day school dalam menumbuhkan semangat belajar peserta sangat berperan dan membantu peserta didik dalam belajar. Dan untuk meningkatkan prestasi peserta didik dengan cara model pembelajaran yang menarik serta sarana dan prasarana yang memadai. Hasil angket yang penulis deskripsikan, keadaan di sekolah dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Gantar dapat di lihat di atas dalam diagram 4.2 menyatakan 56,60% peserta didik menyetujui bahwa peserta didik menyukai suasana belajar yang menyenangkan, adapun 44% lainnya menjawab setuju. Dan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik dapat meningkatkan prestasi belajar dapat di lihat di dalam diagram 4.5 menyatakan 0% ragu bahwa prestasi belajar tidak di pengaruhi oleh semangat belajar peserta didik adapun 20,75% sangat setuju, 24,53% setuju, dan 37,74% tidak setuju. Kata Kunci: Sistem Full Day School, Semangat Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Sep 2018 07:36 |
Last Modified: | 18 Sep 2018 07:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36495 |
Actions (login required)
View Item |