ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN RISIKO SAHAM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Indeks Saham Syariah Indonesia Periode 2014-2016)

Denia Regina Afifah, 144010110 and pembimbing 1, Hj. Mujibah. A. Sufyani., SE., MM (2018) ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN RISIKO SAHAM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Indeks Saham Syariah Indonesia Periode 2014-2016). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menggunakan komponen faktor-faktor fundamental sebagai variabel independen yaitu, Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), dan Dividend Payout Ratio (DPR) yang berpengaruh terhadap variabel dependen, return saham dengan risiko saham sebagai variabel intervening. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi return saham dengan risiko saham sebagai variabel intervening pada perusahaan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2016. Objek penelitian ini adalah seluruh perusahaan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Populasi dalam penelitian ini adalah 83 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga dalam penelitian ini jumlah sampel 30 perusahaan dengan periode 2014- 2016. Metode analisis dalam penelitian ini menggabungkan data time series dan cross section untuk memperhitungkan atau memperkirakan secara kuantitatif dari variabel-variabel yang digunakan terhadap return saham dan risiko saham. Penelitian ini menggunakan alat bantu yaitu berupa software komputer Microsoft Excel 2013 dan program EViews 10.0. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi data panel. Hasil estimasi dengan menggunakan model regresi data panel pada Indeks Saham Syariah Indonesia periode 2014-2016 menunjukkan bahwa secara simultan variabel CR, DER, dan DPR berpengaruh signifikan terhadap variabel beta saham. Selain itu, hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa variabel DER, dan DPR berpengaruh signifikan terhadap variabel beta saham sedangkan variabel CR tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel beta saham. Dan variabel Risiko Saham berpengaruh signifikan terhadap Return Saham. Koefisien determinasi (adjusted R2) yang ditunjukkan dalam penelitian ini adalah sebesar sebesar 0,103750 yang artinya, kemampuan variasi variabel independen yang digunakan dalam model mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 10,37 persen. Sehingga, sisanya sebesar 89,63% terdapat variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini yang dapat digunakan untuk menganalisis pengaruh terhadap beta saham. Kata Kunci : Return Saham, Risiko Saham, Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Dividend Payout Ratio (DPR).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 18 Sep 2018 07:47
Last Modified: 18 Sep 2018 07:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36491

Actions (login required)

View Item View Item