PENGARUH LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MANAJEMEN PEMASARAN 1 DI SMK PASUNDAN 4 BANDUNG (Studi Kasus di Kelas X Manajemen Pemasaran 1 SMK Pasundan 4 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018)

LAILATUL FARIHAH, 145020120 (2018) PENGARUH LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MANAJEMEN PEMASARAN 1 DI SMK PASUNDAN 4 BANDUNG (Studi Kasus di Kelas X Manajemen Pemasaran 1 SMK Pasundan 4 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK Ind.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK Ing.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK Sun.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA print.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Manajemen Pemasaran 1 SMK Pasundan 4 Bandung” yang dilatar belakangi oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi ketiga hal yang saling berkaitan dan menguatkan, karena dengan berkembang nya teknologi maka seseorang dapat menyebarkan dan menerima informasi secara luas, seseorang bisa memperoleh informasi dari seluruh penjuru dunia hanya dengan internet melalui smartphone, dan dengan informasi yang tersebar secara luas tersebut maka seseorang bisa saling berkomunikasi untuk bertukar informasi atau bertanya tentang hal yang tidak diketahui dengan tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui literasi teknologi informasi dan komunikasi di kelas X manajemen pemasaran 1 SMK Pasundan 4 Bandung. (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas X manajemen pemasaran 1 SMK Pasundan 4 Bandung. (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi tik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X manajemen pemasaran 1 SMK Pasundan 4 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif kausal. Pengumpulan data untuk penelitian ini di perolah dari lembar angket/kuesioner yang disebarkan pada siswa, dan pengujian instrumen pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sede rhana dan koefisien determinasi. Hasil pengolahan data menunjukkan rata-rata tingkat literasi tik sebesar 3.42 dari skala 1 sampai 5 yang menunjukkan nilai tersebut adalah “Baik” dan rata-rata tingkat kemampuan berpikir kitis sebesar 3,61 yang juga menunjukkan nilai tersebut adalah “Baik” . Dari hasil pengolahan data menggunakan SPSS Versi 24.0 menunjukkan pengaruh variabel x terhadap y adalah sebesar 45.9%. Kesimpulan, pengaruh literasi teknologi informasi dan komunikasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X manajemen pemasaran 1 SMK Pasundan 4 Bandung adalah sebesar 45.9%. Sebagai akhir penelitian peneliti menyampaikan saran kepada Guru, agar lebih memahami bahwa literasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi cukup berkontibusi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sekolah, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, agar dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis terhadap peserta didiknya. Siswa, harus bisa menyadari bahwa dengan melakukan literasi TIK dapat meningkatkan kemampuannya dalam berpikir kritis. Peneliti selanjutnya, dapat mengaplikasi literasi TIK untuk meningkatkan kemampuannya dalam berpikir kritis. Kata Kunci : Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:57
Last Modified: 18 Sep 2018 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36471

Actions (login required)

View Item View Item