KARAKTERISTIK MINUMAN AIR TAJIN BERAS MERAH (Oryza nivara) YANG DIPERKAYA EKSTRAK TULANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DAN SARI KACANG KEDELAI (Glycine max)

Yunita Miftahul Hasanah, Alumni and Sumartini, DS and Neneng Suliasih, DS (2018) KARAKTERISTIK MINUMAN AIR TAJIN BERAS MERAH (Oryza nivara) YANG DIPERKAYA EKSTRAK TULANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DAN SARI KACANG KEDELAI (Glycine max). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI YUNITA MH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan air tajin beras merah dengan sari kedelai dan penambahan ekstrak tulang ikan nila terhadap karakteristik minuman air tajin beras merah yang dihasilkan serta untuk diversifikasi produk olahan pangan dan dapat diterima oleh konsumen. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah pola faktorial (3x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu perbandingan air tajin beras merah dengan sari kedelai (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu a1 (1:1), a2 (2:1), dan a3 (3:1) dan penambahan ekstrak tulang ikan nila (B) yang terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (17%), b2 (18%), dan b3 (19%). Sehingga diperoleh 27 satuan percobaan. Respon penelitian meliputi respon organoleptik (uji hedonik) meliputi warna, aroma, rasa dan kekentalan, analisis kimia yang dilakukan adalah kadar kalsium dan kadar protein serta analisis fisik yang dilakukan adalah uji kestabilan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, perbandingan air tajin beras merah dengan sari kedelai berpengaruh terhadap kadar kalsium, kadar protein, kestabilan produk, respon organoleptik (warna, aroma, rasa dan kekentalan). Penambahan ekstrak tulang ikan nila berpengaruh terhadap kadar kalsium, kestabilan produk, respon organoleptik (warna, aroma, rasa, kekentalan) tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar protein. Interaksi antara perbandingan air tajin beras merah dengan sari kedelai dan penambahan ekstrak tulang ikan nila berpengaruh terhadap kadar kalsium, kadar protein, kestabilan produk dan respon orgenoleptik (warna, aroma, rasa dan kekentalan). Produk minuman air tajin beras merah pada perlakuan a1b1 dengan perbandingan air tajin dengan sari kedelai (1:1) dan penambahan ekstrak tulang ikan nila (17%) lebih disukai dari segi organoleptik aroma, rasa dan kekentalan dengan kadar kalsium 283,00 mg Ca/100 gram, kadar protein 1,75%, kestabilan produk 99,70%, kadar karbohidrat sebesar 17,2%, kadar lemak 1,45%, dan jumlah energi 88,85 kkalori dengan %AKG/100 gram yaitu 4%.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:38
Last Modified: 18 Sep 2018 03:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36470

Actions (login required)

View Item View Item