ANALISIS PERFORMANSI TURBIN UAP TERHADAP WAKTU OPERASI UNIT 2 DAN 3 (Studi Kasus PLTP PT. Indonesia Power UPJP Kamojang)

REGI RAHADIANA, Alumni and Endang Achdi, ds and Herman Somantri, DS (2017) ANALISIS PERFORMANSI TURBIN UAP TERHADAP WAKTU OPERASI UNIT 2 DAN 3 (Studi Kasus PLTP PT. Indonesia Power UPJP Kamojang). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Cover TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Potensi sumber panas bumi yang dimiliki Indonesia sangat besar sekitar 29 GW. Lokasi sumber panas bumi tersebar di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya ada di Kamojang, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Sumber daya panas bumi di wilayah Bandung digunakan untuk pembangkit listrik yang dikelola oleh Pembangkit Tenaga Listrik Indonesia Power Kamojang. Salah satu bagian terpenting pembangkit listrik tenaga panas bumi adalah turbin uap. Turbin ini mengubah energi uap super panas dari produksi panas bumi menjadi energi mekanik poros dan kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Berdasarkan data yang diperoleh dari bagian ruang kontrol, pembangkit listrik ini mengalami penurunan daya saat operasi turbin meningkat. Pembangkit listrik tenaga panas bumi Kamojang melakukan perawatan overhaul untuk mengatasi penurunan pembangkit listrik. Tindakan utama yang dilakukan selama perawatan overhaul adalah pemindahan permukaan sudu dari pengerakan setelah turbin beroperasi selama dua tahun. Pengerakan berasal dari perut bumi yang terbawa oleh aliran uap. Dalam penelitian ini kami mempelajari performansi turbin uap turbin setelah dua tahun beroperasi. Kegiatan penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data operasi dua unit turbin untuk dua tahun operasi, mulai dari hari pertama operasi setelah perbaikan perawatan sampai hari terakhir operasi sebelum perawatan overhaul. Data operasi turbin meliputi tekanan uap dan suhu, laju alir massa uap, dan tenaga listrik. Selanjutnya data operasi ini digunakan untuk analisis dan evaluasi kinerja turbin uap. Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi, diketahui bahwa efisiensi turbin isentropik menurun seiring dengan waktu operasi turbin. Efisiensi turbin isentropik unit 2 pada hari pertama operasi setelah perawatan overhaul sekitar 97,55% dan operasi terakhir sebelum perawatan overhaul sekitar 78.18%. Pengurangan efisiensi isentropik turbin sebesar 19,37%. Dan unit 3 pada hari pertama operasi setelah perawatan overhaul sekitar 95.12%, dan operasi terakhir sebelum perawatan overhaul sekitar 79.11%. Pengurangan efisiensi turbin isentropik sebesar 16.01 % . Hal ini disebabkan oleh gesekan dan pencekikan aliran uap pada turbin yang disebabkan oleh pengerakan pada permukaan sudu turbin. Dengan demikian pembentukan kerak pada permukaan sudu menyebabkan penurunan efisiensi turbin isentropik. Selama perawatan overhaul turbin, kerak pada permukaan sudu dibersihkan dengan menggunakan air murni.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:18
Last Modified: 18 Sep 2018 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36466

Actions (login required)

View Item View Item