PENGARUH MODEL PROJECT CITIZEN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PENGEMBANGAN CIVIC COMPETENCES PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperiment Terhadap Peserta Didik SMAN 1 Jalancagak)

SANTI NURHASANAH, 145010006 (2018) PENGARUH MODEL PROJECT CITIZEN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PENGEMBANGAN CIVIC COMPETENCES PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperiment Terhadap Peserta Didik SMAN 1 Jalancagak). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT'.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model project citizen dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadap pengembangan civic competences peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan karena masih rendahnya pengembangan civic competences peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Jalancagak. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak kelas. Masalah yang diteliti yaitu peningkatan kemampuan pengembangan Civic Competences peserta didik dan sikap peserta didik terhadap pembelajaran PPKn dengan menggunakan model project citizen. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan penguasaan Civic Competences dan angket sikap. Instrumen tes kemampuan penguasaan Civic Competences dan angket sikap diuji coba terlebih dahulu sehingga layak untuk digunakan dalam penelitian ini. Analisis data kemampuan penguasaan Civic Competences menggunakan independent sample t-test begitu pula analisis data sikap dimana data sikap menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pengembangan Civic Competences peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Project Citizen lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) pada umumnya peserta didik bersikap positif terhadap pembelajaran PPKn dengan menggunakan model project citizen. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran PPKn dengan menggunakan model project citizen dapat mengembangkan civic competences peserta didik, dengan demikian model pembelajaran Project Citizen dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi guru PPKn dalam melaksanakan pembelajaran PPKn di kelas. Kata Kunci : Model Project Citizen, pengembangan civic competences, Model Konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:12
Last Modified: 18 Sep 2018 03:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36465

Actions (login required)

View Item View Item