ANALISIS YURIDIS TERHADAP GUGATAN WANPRESTASI VS EKSEPSI NON ADIMPLETI CONTRACTUS PADA PERJANJIAN PENYERTAAN MODAL VENTURA ANTARA CV.BINA SARANA TRANSPORTASI, CV.DJUNAS MUDA, CV.LIZA FORTHY DAN CV.PANATAU DENGAN PT SARANA KALTENG VENTURA

Anandita Sarasfati Soesil, 141000042 (2018) ANALISIS YURIDIS TERHADAP GUGATAN WANPRESTASI VS EKSEPSI NON ADIMPLETI CONTRACTUS PADA PERJANJIAN PENYERTAAN MODAL VENTURA ANTARA CV.BINA SARANA TRANSPORTASI, CV.DJUNAS MUDA, CV.LIZA FORTHY DAN CV.PANATAU DENGAN PT SARANA KALTENG VENTURA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img] Text
J. BAB V ANAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
I.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
H.BAB III.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A. COVER .pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G.BAB II.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text
D. DAFTAR ISI.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
F. BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Seringkali terjadi wanprestasi pada perjanjian pembiayaan Modal Ventura oleh Perusahaan Pasangan Usaha terhadap Perusahaan Modal Ventura. Namun dalam kasus ini berbeda, karena pihak yang melakukan wanprestasi malah menggugat balik Perusahaan Modal Ventura. Atas alasan tersebut perlu pengkajian lebih lanjut terhadap gugatan balik dari perusahaan pasangan usaha terhadap perusahaan modal ventura, Sehingga dilakukan penelitian dengan judul “Analisis Yuridis Terhadap Gugatan Wanprestasi Vs Eksepsi Non Adimpleti Contractus Pada Perjanjian Penyertaan Modal Ventura Antara CV.Bina Sarana Transportasi, CV.Djunas Muda, CV.Liza Forthy Dan CV.Panatau Dengan PT Sarana Kalteng Ventura”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji tentang bentuk wanprestasi pada perjanjian penyertaan modal ventura, Untuk mengkaji dan menganalisis gugatan wanprestasi dapat dieksepsi berdasarkan asas Eksepsi Non Adimpleti Contractus, dan Untuk mengkaji dan menemukan solusi yang dapat dilakukan oleh Perusahaan Modal Ventura agar memperoleh pengembalian modal. Penelitian ini bersifat deskriptif analistis yaitu menggambarkan fakta-fakta yang terjadi berkaitan wanprestasi para pihak dalam perjanjian pembiayaan modal ventura. Pendekatan penelitian menggunakan metode yuridis-normatif yaitu penelitian hukum yang mengkaji kaidah, norma dan asas berkaitan dengan Gugatan Wanprestasi dan Eksepsi Non Adimpleti Contractus Pada Perjanjian Penyertaan Modal Ventura, dan dianalisis secara yuridis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa; (1) CV.Bina Sarana Transportasi, CV.Djunas Muda, CV.Liza Forthy dan CV.Panatau telah melakukan wanprestasi terhadap PT. Sarana Kalteng Ventura dan melanggar Pasal 1243 KUHPerdata; (2) Bentuk Wanprestasi yang dilakukan adalah melaksanakan apa yang diperjanjikan, tetapi tidak sebagaimana dijanjikan; (3) Solusi yang dilakukan oleh PT. Sarana Kalteng Ventura agar mendapatkan pengembalian modal dikarenakan wanprestasi pihak pasangan usaha adalah melalui mediasi dan sita jaminan. Namun apabila pihak yang melakukan wanprestasi menggugat balik maka dapat ditangkis dengan prinsip Eksepsi Non Adimpleti Contractus Pada perjanjian pembiayaan Modal Ventura.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:02
Last Modified: 18 Sep 2018 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36463

Actions (login required)

View Item View Item