PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA BINA DHARMA 2 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018 (Studi Kasus Pembelajaran Ekonomi Pada Sub Materi Koperasi)

INE ERPIANI, 145020016 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA BINA DHARMA 2 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018 (Studi Kasus Pembelajaran Ekonomi Pada Sub Materi Koperasi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Metode Everyone Is A Teacher Here Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Bina Dharma 2 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018 (Studi Kasus Pembalajaran Ekonomi Pada Sub Materi Koperasi).” Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif melalui metode everyone is a teacher here dalam mata pelajaran ekonomi sub materi koperasi; (2) untuk megetahui keaktifan siswa kelas X IPS; dan (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif melalui metode everyone is a teacher here terhadap keaktifan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey melalui pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner dan observasi. Hipotesis penelitian berbunyi adanya pengaruh positif dalam menggunakan model pembelajaran koopertatif melalui metode everyone is a teachere here terhadap keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan SPSS 20,0 for windows. Berdasarkan analisis data menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran koopertatif melalui metode everyone is a teachere here terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 43% yang diperoleh dari koefisien determinasi R squre sebesar 0,430 dan sisanya sebesar 57% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kesimpulannya hipotesis penelitian dapat diterima dan tujuan penelitian tercapai , sebagai akhir peneliti menyarankan kepada siswa diharapkan agar mempertahankan keaktifan belajar sehingga dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki, kepada guru diharapkan agar sebaiknya menggunakan berbagai model pembelajaran yang menarik, kepada sekolah agar menyediakan fasilitas yang memadai untuk keberlangsungan pembelajaran serta kepada peneliti selanjutnya lebih memperhatikan alokasi waktu dan meneliti pada mata pelajaran lain, kelas dan sekolah yang berbeda. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Metode Everyone Is A Teacher Here, Keaktifan Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2018 08:43
Last Modified: 08 Oct 2018 08:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36462

Actions (login required)

View Item View Item