PENGARUH KONSENTRASI MINYAK IKAN BAUNG (Mystus nemurus) DAN KONSENTRASI PENGEMULSI TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL SARI KACANG MERAH (Phaseolus Vulgaris L)

Muhammad Ismat Sodikin, Alumni and Sumartini, DS and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS (2018) PENGARUH KONSENTRASI MINYAK IKAN BAUNG (Mystus nemurus) DAN KONSENTRASI PENGEMULSI TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL SARI KACANG MERAH (Phaseolus Vulgaris L). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Tugas Akhir Muhammad Ismat Sodikin (123020341).docx
Restricted to Repository staff only

Download (910kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi minyak ikan baung dan konsentrasi pengemulsi pada minuman fungsional sari kacang merah. Rancangan percobaan yang akan digunakan dalam penelitian adalah pola faktorial (3x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kali ulangan, sehingga diperoleh sebanyak 27 treatment. Adapun variabel yang digunakan adalah perbandingan konsentrasi minyak ikan baung dengan pengemulsi (7,5%:9,5%, 11,5% : 0,5%, 0,75%:1%,). Respon pada penelitian ini adalah respon kimia yaitu kadar asam lemak bebas, densitas minyak dan rendemen. Protein dengan metode formol, lemak dengan metode soxhlet dan kadar pH. Respon organoleptik yang meliputi aroma, rasa, kekentakan dan after taste. Pengaruh konsentrasi Minyak ikan dan konsentrasi Pengemulsi berpengaruh nyata terhadap respon organoleptik pada atribut rasa. Pengaruh konsentrasi minyak ikan dan konsentrasi Pengemulsi berpengaruh nyata terhadap respon kimia kadar Protein. Berdasarkan respon kimia yang telah dilakukan Pengaruh konsentrasi minyak ikan dan konsentrasi Pengemulsi dengan konsentrasi 7,5% ; 0,75% memiliki kadar Protein sebesar 1,77% menggunakan metode formol, kadar Lemak sebesar 8,08% menggunakan metode Soxhlet dan Nilai pH sebesar 6,61.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 18 Sep 2018 02:50
Last Modified: 18 Sep 2018 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36460

Actions (login required)

View Item View Item