PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN

YULIA MAESANTI, 145060225 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN 066 Halimun dengan subjek penelitian adalah kelas III dan objek penelitian adalah siswa dengan jumlah 31 orang yang terdiri atas 20 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menumbuhkan sikap santun, peduli dan tanggung jawab serta meningkatkan hasil belajar siswa didasarkan atas permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya partisipasi siswa dalam setiap pembelajaran sehingga membuat siswa jenuh kurang tertarik untuk belajar dan mempengaruhi hasil belajar yang kurang mencapai KKM. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan dengan model Discovery Learning dalam setiap pembelajarannya. Instrumen dan pengolahan data yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah wawancara observer, observasi sikap santun, peduli, tanggung jawab, angket dan hasil belajar siswa berupa pre tes dan post tes. Peningkatan hasil belajar dalam bentuk persentase nilai siklus I adalah 39% dilanjutkan kembali pada siklus II menjadi 61% dan dilanjutkan kembali pada siklus III menjadi 87%. Hasil penilaian sikap santun siklus I mencapai 29%, siklus II terjadi peningkatan mencapai nilai 61% dan siklus III terjadi peningkatan 84%. Hasil penilaian sikap peduli I yaitu 32%, siklus II terjadi peningkatan mencapai nilai 52%, siklus III terjadi peningkatan mencapai nilai 84%. Hasil penilaian sikap tanggung jawab siklus I mencapai nilai 29%. Siklus II terjadi peningkatan mencapai nilai 58%, dan siklus III terjadi peningkatan 87%. Melihat hasil yang dicapai membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Perkembangbiakan dan daur hidup hewan. Kata kunci : Discovery Learning, hasil belajar, sikap santun, sikap peduli, dan sikap tanggung jawab

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Sep 2018 22:34
Last Modified: 17 Sep 2018 22:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36444

Actions (login required)

View Item View Item