PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN

HARISTA FADILA, 145060112 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER HARISTA FADILA.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I HARISTA FADILA.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II HARISTA FADLA.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III HARISTA FADILA.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HARISTA FADILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB V HARISTA FADILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA BAB 1-V.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model problem based learning pada tema indahnya Kebersamaan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Kibodas Kota Sukabumi. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa kelas IV SDN Kibodas yang tidak optimal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan metode ceramah, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model problem based learning tidak pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang terdiri dari 3 siklus dan tiap 1 siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kibodas Kota Sukabumi tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari menyeleksi data, mengklasifikasi data, pengolahan data dan interprestasi data. Hasil penelitian menujukan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan. Peningkatan sikap peduli dapat dilihat melalui hasil observasi. Rata-rata persentase nilai capaian pada siklus I sebesar 41,7%, pada siklus II sebesar 70,83%, dan pada siklus III sebesar 91,7%. Peningkatan sikap santun dapat dilihat melalui hasil observasi. Rata-rata nilai persentase capaian pada siklus I sebesar 41,7%, pada siklus II sebesar 75%, dan pada siklus III sebesar 95,83%. Peningkatan psikomotor siswa dapat dilihat melalui hasil observasi. Rata-rata nilai persentase pada siklus I sebesar 45,83%, siklus II sebesar 70,83% dan siklus III sebesar 95,83%. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat melalui hasil pretest dan postest. Rata-rata nilai persentase capaian pada siklus I sebesar 33,3%, pada siklus II 62,5%, dan pada siklus III 91,7%. Kesimpulan yang diperolehdalam penelitian ini bahwa penerapan model problem based learning sangat menunjang terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan, subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV sekolah dasar. Dengan demikian penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: problem based learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:14
Last Modified: 17 Sep 2018 08:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36435

Actions (login required)

View Item View Item