Siti Maryam, 145030139 (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI LEGENDA GUHUNG RAWAI TERHADAP SISWA KELAS VII SMPN 11 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak indonesia.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak B. Inggris.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak B. Sunda.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III.pdf Download (948kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
|
Text
19. Daftar Pustaka.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menceritakan berkaitan dengan keterampilan berbicara, salah satunya yaitu berbicara teks legenda dengan menggunakan model cooperative script, yang menekankan pada konsep kerja sama dan perencanaan terhadap sebuah teks yang direncanakan. Peneliti tertarik melakukan penelitian di SMPN 11 Bandung. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kuasi eks-perimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: a) Peneliti mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menceritakan kembali isi legenda Guhung Rawai dengan model cooperative script pada peserta didik kelas VII SMPN 11 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan rata-rata nilai 3,64 yang termasuk kategori sangat baik. b) Siswa kelas VII SMPN 11 Bandung mampu menceritakan kembali isi legenda Guhung Rawai dengan model cooperative script. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 46,9 dan nilai rata-rata postes 83,8 jumlah nilai peningkatan sebesar 36,9 c) model cooperative script efektif dalam pembelajaran menceritakan kembali isi legenda Guhung Rawai terhadap peserta didik kelas VII SMPN 11 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung>ttabel yakni 45,5 > 22,4 pada taraf signifikasi 5% dan db sebesar 23. Pembelajaran menceritakan kembali isi legenda Guhung Rawai dengan menggunakan model cooperative script berhasil untuk diterapkan di kelas VII SMPN 11 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian di atas bahwa pembelajaran menceritakan kembali isi legenda Guhung Rawai dengan menggunakan model cooperative script di kelas VII SMPN 11 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 mampu menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif. Kata kunci: Pembelajaran, menceritakan kembali, legenda Guhung Rawai, model cooperative script.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 07:24 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 07:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36426 |
Actions (login required)
View Item |