KAJIAN PENERAPAN MANAJEMEN KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR ( STUDI KASUS DI SMP KARTIKA X-1 )

NOPA WINIARSIH, 168020003 (2018) KAJIAN PENERAPAN MANAJEMEN KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR ( STUDI KASUS DI SMP KARTIKA X-1 ). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan pascasarjana.

[img] Text
Artikel Nopa Winiarsih.docx

Download (75kB)

Abstract

Manajemen kelas merupakan kegiatan merencanakan,menggorganisasikan, mengaktualisasikan serta melaksanakan pengawasan atau supervisi program proses belajar mengajar di kelas untuk mewujudkan proses pembelajaran kondusif. Permasalahan yang ditemukan di SMP Kartika X-1 Bandung adalah belum maksimalnya penerapan manajemen kelas sehingga kualitas proses belajar mengajar belum optimal, kualitas proses belajar mengajar belum sepenuhnya mengarah pada pembelajaran yang interaktif, sistematis, atraktif, efektif dan efesien. Tujuan tesis ini adalah menyelidiki penerapan manajemen kelas yang memusatkan pada empat fokus antara lain : (1) menganalisis penerapan manajemen kelas pada kondisi saat ini, (2) Tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan lanjutan agar kualitas pembelajaran meningkat, (3) menganalisis faktor-faktor kendala penerapan manajemen kelas dan mencari solusi untuk mengantisipasi, (4) Menerapkan rancangan manajemen kelas sehingga dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam. Nara sumber (sumber data) diambil dengan teknik sowball. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi. Analisis pengolahan data digunakan model analisis interaktif Model analisis ini meliputi empat komponen, yaitu : (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penerikan kesimpulan atau verifikasi Hasil penelitian menunjukan : (1) penerapan manajemen kelas dilaksanakan melalui kegiatan manajemen kelas bersifat preventif dan manajemen kelas bersifat kuratif, (2) peningkatan kualitas proses belajar mengajar dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan perbaikan lanjutan, terutama pada tahap pelaksanaan pembelajaran berorientasi pada kualitas pembelajaran, guru berupaya melaksanakan pembelajaran yang interaktif dengan memberi ruang bagi peserta didik agar lebih kreatif dan mandiri, (3) kendala penerapan manajemen kelas dilakukan melalui pendekatan manajerial, pendekatan psikologis, pendekatan sosio-emosional, pendekatan kelompok dan pendekatan elektif, (4) Menerapkan rancangan manajemen kelas pada proses belajar mengajar yang meliputi raw input, enfiromental input dan instrumental input sebagi upaya meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di SMP Kartika X-1 Bandung. Penerapan Manajemen kelas perlu dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik meningkat yang secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Kata Kunci : Manajemen, Kualitas Proses Belajar Mengajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 17 Sep 2018 06:45
Last Modified: 17 Sep 2018 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36423

Actions (login required)

View Item View Item