ASRI HANIFATULHAQ KUSUMAH, 145020043 (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pokok BUMN dan BUMD di Kelas Lintas Minat X MIPA 5 Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak (Bhs Indonesia).pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak (Bhs Inggris).pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak (Bhs Sunda).pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul: Pengaruh Media Pembelajaran Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Pasundan 2 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah: (i) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkannya media pembelajaran Edmodo (pretest), (ii) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran Edmodo (posttest), (iii) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest), dan (iv) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada kelas lintas minat X MIPA 5 di SMA Pasundan 2 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas lintas minat X MIPA 5 SMA Pasundan 2 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes. Tes yang digunakan berupa pilihan ganda (pretest dan posttest) dan telah diuji validitas serta reliabilitasnya. Berdasarkan data hasil nilai rata -rata pretest dan posttest diketahui N-Gain sebesar 0,70 dengan interpretasi tinggi, dan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan media pembelajaran Edmodo. Pembelajaran menggunakan media Edmodo memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas lintas minat X MIPA 5 sebesar 27,2% dengan interpretasi cukup. Pengaruh lainnya sebesar 72,8%. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu motivasi, kompetensi guru, lingkungan, dan model pembelajaran. Sebagai penutup, penulis menyampaikan saran sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang beragam. Salah satunya menggunakan media pembelajaran Edmodo, karena media tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Edmodo, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 04:43 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 04:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36415 |
Actions (login required)
View Item |