PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA APLIKASI PREZI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN (Studi Kasus Pada Pembelajaran Ekonomi Pada Sub Tema Koperasi Kelas X IPS 1 Di SMA Negeri 18 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018)

MEGA INDAH PRATIWI, 145020034 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA APLIKASI PREZI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN (Studi Kasus Pada Pembelajaran Ekonomi Pada Sub Tema Koperasi Kelas X IPS 1 Di SMA Negeri 18 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ENGLISH.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT SUNDA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Heads Together dengan Media Aplikasi Prezi dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran” (Studi Kasus Pada Pembelajaran Ekonomi Pada Sub Tema Koperasi Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 18 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu (i) untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada sub tema koperasi kelas X IPS 1 di SMAN 18 Bandung (ii) untuk mengetahui penerapan media aplikasi prezi dalam pembelajaran ekonomi sub tema koperasi kelas X IPS 1 di SMAN 18 Bandung, (iii) untuk mengetahui kondisi pemahaman materi pembelajaran pada siswa kelas X IPS 1 serta (iv) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dengan media aplikasi prezi terhadap pemahaman materi pembelajaran. Dalam penelitian ini, metode penelitian menggunakan metode survey melalui pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara membagikan kuesioner. Hipotesis penelitian berbunyi adanya pengaruh positif dalam menerapkn model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dengan media aplikasi prezi terhadap pemahaman materi pembelajaran. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis data menunjukan bahwa adanya pengaruh penerapan model kooperatif tipe numbered heads together dengan media aplikasi prezi terhadap pemahaman materi ajar sebesar 28% yang diperoleh dari koefisien determinasi atau R squre sebesar 0,280 dan sisanya sebesar 72% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kesimpulannya penelitian dapat diterima, sebagai saran peneliti, siswa diharapkan agar dapat mempertahakan pembelajaran yang aktif sehingga dapat meningkatkan pemahaman materi, kepada guru diharapkan dapat mempelajari media seiring berkembangnya teknologi serta guru dapat menerapkan model pembelajaran yang lebih bervariasi dan menarik, kepada sekolah agar menyediakan fasi litas yang memadai bagi keberlangsungan pembelajaran, dan kepada peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian pada faktor lain yang mempengaruhi pemahaman. Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dengan Media Aplikasi Prezi, Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Sep 2018 02:52
Last Modified: 17 Sep 2018 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36408

Actions (login required)

View Item View Item