PENGARUH MANAGEMENT TENURE, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN ( Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016 )

PIKA SETIANINGRUM, 144020105 and Pembimbing 1, Hj. Taty Sariwulan, SE,MSI,AK.,CA (2018) PENGARUH MANAGEMENT TENURE, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN ( Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016 ). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Saat ini terjadi peningkatan permintaan oleh stakeholders terhadap perusahaan agar memiliki tanggung jawab sosial, sehingga mendorong perusahaan untuk melakukan aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sangat besar peranannya bagi perusahaan, salah satunnya digunakan untuk menarik dana investasi bagi masyarakat. Lamanya management tenure untuk mengawasi jalannya kegiatan perusahaan memiliki pengalaman yang lebih besar dalam hal kebijakan dan pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan, hal ini disebabkan para anggotanya lebih memahami tentang aktifitas, serta peraturan perusahaan. Kepemilikan saham institusional umumnya dapat bertindak sebagai pihak yang memonitor perusahaan. Contoh control yang diberikan yaitu memberikan arahan dan masukan kepada manajemen ketika manajemen melakukan aktifitas positif seperti pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan untuk mendapatkan legitimasi dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh management tenure dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang terdapat di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitan didasarkan pada metode purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang diteliti sebanyak delapan perusahaan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi, korelasi, pengujian hipotesis, serta koefisien determinasi menggunakan uji t, uji f, dan pengolahan data dibantu dengan SPSS 25.0 for window. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial management tenure dan kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan management tenure dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sebesar 25,9% dan sisanya sebesar 74,1% dipengaruhi oleh organizational culture, educational background, age diversity, kepemilikan asing, kepemilikan manajerial, komposisi dewan komisaris, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Kata Kunci: management tenure, kepemilikan institusional dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 17 Sep 2018 02:22
Last Modified: 17 Sep 2018 02:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36405

Actions (login required)

View Item View Item