PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI SUASANA, TEMA, DAN MAKNA PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PADALARANG

SITI MARDIAH HASNAH, 145030092 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI SUASANA, TEMA, DAN MAKNA PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PADALARANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indo.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Ingg.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak sunda.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Teks puisi adalah suatu karya sastra sebagai bentuk ekspresi penyair yang dapat dikaji dari berbagai aspek, baik unsur atau pun ragam puisi yang bermakna dan bernilai estetis. Metode CIRC adalah metode pembelajaran kooperatif yang mengintegrasikan suatu bacaan secara menyeluruh kemudian mengomposisikan menjadi bagian-bagian penting. Penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi dengan mengguna-kan metode CIRC pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padalarang. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) mampukah peneliti merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema dan makna puisi dengan mengunakan metode CIRC?; (2) adakah peningkatan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi sebelum dan sesudah menggunakan metode CIRC?; (3) adakah perbedaan kemampuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan peneliti, untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik, dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi pada kelas X SMA Negeri 2 Padalarang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design, adapun hasilnya yaitu; (1) peneliti mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi dengan menggunakan metode CIRC pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padalarang, terbukti dari hasil nilai perencanaan dan perlaksanaan sebesar 3,73; (2) adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi sebelum dan sesudah menggunakan metode CIRC. Hal ini terbukti dari hasil prates sebesar 58,66 dan pascates sebesar 88,38. Jadi, adanya peningkatan sebesar 29,72; (3) adanya perbedaan kemampuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mengidentifikasi suasana, tema, dan makna puisi. Hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan statistik dengan hasil kelas eksperimen t hitung 8,41 > ttabel 2,08 dan kelas kontrol thitung 6,61 > ttabel 2,08. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa semua yang telah dirumuskan dalam penelitian ini dinyatakan berhasil. Kata kunci: pembelajaran, suasana, tema, dan makna puisi, metode CIRC.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Sep 2018 02:38
Last Modified: 15 Sep 2018 02:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36136

Actions (login required)

View Item View Item