ELA SRI MULYANI, 145050096 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MICROSOFT MATHEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MATH ANXIETY SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover .pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan penalaran dalam matematika merupakan kemampuan dalam porsi terbesar. Proses pembelajaran matematika pada dasarnya bukanlah sekedar transfer gagasan dari guru kepada siswa, namun merupakan suatu proses di mana guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melihat dan memikirkan gagasan yang diberikan. Model pembelajaran Creative Problem Solving adalah pembelajaran dimana siswa berkelompok untuk mendiskusikan suatu masalah dan mengungkapkan gagasannya pada kelompok lain. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Creatife Problem Solving berbantuan Microsoft Mathematic lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan cara pengajaran; 2) Kecemasan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Creative Problem Solving berbantuan Microsoft Mathematic lebih rendah dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori dalam belajar matematika; dan 3) Terdapat korelasi antara Kemapuan Penalaran Matematis dan Kecemasan Matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Kota Bandung, adapun sampel yang digunakan yaitu dua kelas analisis data yang dipilih secara acak. Intrumen yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis, dan angket skala kecemasan matematika. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Microsoft Mathematics lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan cara pengajaran ekspositori; 2) Kecemasan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Creative Problem Solving berbantuan Microsoft Mathematics lebih rendah daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori dalam belajar matematika; dan 3) Terdapat korelasi antara Kemapuan Penalaran Matematis dan Kecemasan Matematika. Kata Kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan Penalaran Matematis, Kecemasan Matematika, Microsoft Mathematics.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Sep 2018 06:59 |
Last Modified: | 14 Sep 2018 06:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36127 |
Actions (login required)
View Item |