PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 2 Kamulyan Kabupaten Bandung Barat)

Dita Rosidah Khoirunnisa, 145060179 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 2 Kamulyan Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap percaya diri, peduli, dan tanggung jawab siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Kayanya Negeriku sub tema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Kamulyan, sebanyak 20 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I pada aspek afektif yaitu sikap percaya diri, peduli, dan tanggung jawab cenderung berada pada kategori cukup (C), pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori baik (B), pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori sangat baik (A) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek kognitif pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 9 orang atau sebesar 45% dan siswi yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 11 orang siswa atau sebesar 55%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 12 orang atau sebesar 60% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 8 orang siswa atau sebesar 40%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 17 orang atau sebesar 85% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 3 orang siswa atau sebesar 15%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa dalam mencari informasi cenderung berada pada kategori cukup (C), pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B), pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Kayanya Negeriku sub tema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Sep 2018 06:30
Last Modified: 14 Sep 2018 06:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36123

Actions (login required)

View Item View Item