PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Tindakan kelas pada Kelas IV tentang Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku di SDN Sukamanah 02 Kabupaten Bandung)

Rida Sari Agustin, 145060102 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Tindakan kelas pada Kelas IV tentang Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku di SDN Sukamanah 02 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI .pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS. INDONESIA .pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS. inggris.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak sunda.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I skripsi rida.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II Skripsi Rida .pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III Skripsi Rida.pdf

Download (882kB) | Preview
[img] Text
Bab IV Skripsi Rida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V Skripsi Rida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi .pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini tentang “ Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik ”, suatu Penelitian Tindakan kelas pada Kelas IV tentang Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku di SDN Sukamanah 02 Desa Langensari Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung Penelitian ini dilatarbelakangi dengan Masalah yang perlu diatasi / ditingkatkan antara lain: 1) penguasaan peserta didik terhadap materi yang diajarkan; khususnya tentang Keberagaman Budaya Bangsaku, masih rendah; Dan 2) Motivasi peserta didik dalam pembelajaran tematik yang belum optimal. Sesuai masalahnya, maka upaya untuk memperbaikinya melalui :(1) Kegiatan perbaikan pembelajaran dengan Penelitian Tindakan Kelas Kolaborasi (PTKK) dua Siklus bersifat Tematik dengan focus pembelajaran: Bahasa Indonesia, IPS, Pkn, IPA, Matematika, SBdP; (2) Melaksanakan pembelajaran yang inovatif, kreatif, efektif, dan menarik dengan menggunakan Pendekatan Problem Based Learning; serta (3) Melaksanakan kegiatan pembelajaran Keberagaman Budaya Bangsaku dengan menerapkan Metode: Ekspositori, Tanya Jawab, Kerja kelompok, Penugasan, Diskusi, praktikum . Hasil kegiatan PTK pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, Pkn, IPA, Matematika, SBdP dapat dinyatakan terlaksana dengan prosedur dan langkah kegiatan dalam dua Siklus dengan sangat baik. Hal ini terbukti antara lain : (1) Peserta didik hampir seluruhnya atau 92.5% memperoleh nilai Di atas KKM (75) dengan nilai rata- rata (Mean Kognitif peserta didik ) sebesar 85.5; (2) Tingkat motivasi belajar peserta didik Sesuai KD hampir seluruhnya atau 95% peserta didik termotivasi belajar pada subtema 1:Keberagaman Budaya Bangsaku dengan kualifikasi sangat baik. (3) Keberhasilan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dikarenakan materi pembelajarn lebih bersifat kontekstual dari lingkungan sehari- hari peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Motivasi belajar, dan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:52
Last Modified: 14 Sep 2018 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36113

Actions (login required)

View Item View Item