PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Bojong Koneng 114 Kota Bandung Tahun Ajaran 2018-2019)

M. Fadlli Farobbi, 145060052 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Bojong Koneng 114 Kota Bandung Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.1 Abstrak B.Indonesia.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.2 Abstrak B. Ingggris.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.3 Abstrak B. Sunda.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, sikap percaya diri, peduli, tanggung jawab serta keterampilan siswa pada Subtema Organ Gerak Hewan di kelas V SDN Bojong Koneng 114 Kota Bandung dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini didasari oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya hasil belajar, sikap percaya diri, peduli, tanggung jawab serta keterampilan siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditentukan. Metode yang digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, siklus I 43%, siklus II 61% dan siklus III 81%. Sikap Percaya diri juga meningkat, siklus I 39%, siklus II 65%, dan siklus III 84%. Sikap Peduli juga meningkat, siklus I 42%, siklus II 68%, dan siklus III 87%. Sikap Tanggung Jawab juga meningkat, siklus I 35%, siklus II 64%, dan siklus III 84%. Keterampilan juga meningkat, siklus I 42%, siklus II 65%, dan siklus III 87%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar, sikap percaya diri, peduli, dan tanggung jawab serta keterampilan. Dengan demikian penggunaan model problem based learning bisa dijadikan pilihan salah satu dari beberapa model pembelajaran untuk diterapkan di sekolah dasar. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sikap Percaya Diri, Sikap Peduli, Sikap Tanggung Jawab, Keterampilan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 13 Sep 2018 08:23
Last Modified: 13 Sep 2018 08:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36102

Actions (login required)

View Item View Item