PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA

Teni Suyanti, 145060098 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAH B. INDONESIA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan SDN Selagedang Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur dengan subjek penelitian pada siswa kelas IV B dengan jumlah siswa 22 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar ini masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. hal tersebut dapat terlihat dari: pertama, adanya peningkatan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai rata-rata 3,15, siklus II 3,40, dan siklus III 3,66. Kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai rata-rata 3,23, siklus II 3,39, dan siklus III 3,54. Ketiga, peningkatan motivasi yaitu pada siklus I mencapai rata-rata 69, siklus II 73, dan siklus III 78. Keempat, peningkatan hasil belajar siklus I mencapai rata-rata 65, siklus II 73, dan siklus III 83. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, Motivasi, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 13 Sep 2018 08:18
Last Modified: 13 Sep 2018 08:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36101

Actions (login required)

View Item View Item