PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PARONGPONG TAHUN AJARAN 2017/2018 ( Penelitian Pada Siswa Kelas X IIS Semester II )

FITRIAN NUR FEBRIARY, 145020096 (2018) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PARONGPONG TAHUN AJARAN 2017/2018 ( Penelitian Pada Siswa Kelas X IIS Semester II ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. JUDUL.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. RINGKESAN.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (958kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pola asuh orang tua yang diterapkan dan prestasi belajar siswa, dan untuk mengetahui adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif (survey) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Paronpong Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 169 siswa dan sampel yang digunakan adalah 119 siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 24. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan pola asuh demokratis paling dominan dan memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan dengan pola asuh lainnya. Selain itu, berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh melalui uji Wilcoxon menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,016 yang artinya lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh pola asuh orang tua (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y) pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMA Negeri 1 Parongpong Tahun Ajaran 2017/2018. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran bahwa : 1) Bagi Pihak Sekolah. Diharapkan dapat terjalin komunikasi yang baik antara pihak sekolah terutama guru dengan orang tua siswa karena prestasi belajar yang dihasilkan merupakan dampak dari perilaku siswa saat mengikuti proses pembelajaran. Perilaku tersebut dibentuk oleh pola asuh orang tua yang diterapkan di rumah. Sehingga diperlukannya komunikasi yang baik antara pihak sekolah terutama guru dengan orang tua siswa. 2) Bagi Siswa. Diharapkan dapat terjalin komunikasi yang baik antara siswa dengan orang tua. 3) Bagi Peneliti selanjutnya. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih mendalam mengenai faktor keluarga yaitu pola asuh orang tua yang diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya sebagai salah satu faktor yang menentukan dalam pencapaian prestasi belajar yang diperoleh siswa. Selain itu juga, dalam penelitian ini hanya meneliti faktor eksternal saja yang mempengaruhi prestasi belajar khususnya faktor keluarga mengenai pola asuh orang tua, diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat meninjau dan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar lainnya. Kata Kunci: Pola Asuh Orangtua, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:54
Last Modified: 13 Sep 2018 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36097

Actions (login required)

View Item View Item