PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Kuantitatif Korelasional Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung)

Nazar Hamzah Kosasih, 145060046 (2018) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Kuantitatif Korelasional Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Disiplin belajar merupakan salah satu sikap yang penting harus ditumbuhkan dan menjadi kebiasaan siswa, 6 SD di kecamatan Cibeunying Kaler rata-rata atau sebagian besar nilai hasil ulangan harian belajarnya kurang baik karena salah satu penyebabnya apatis terhadap aturan-aturan atau tata tertib, baik tata tertib sekolah atau kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui sikap disiplin siswa yang dianut oleh siswa kelas V, 2) mengetahui rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas V, dan 3) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD di Kecamatan Cibeunying Kaler 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis survey dan menggunakan pendekatan ex post facto. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD di Kecamatan Cibeunying Kaler. Penelitian ini memiliki populasi berjumlah 190 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan berlandaskan pada tabel Isaac dan Michael dengan signifikansi atau taraf kesalahannya 5% yaitu berjumlah 128 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket dan dokumentasi berupa nilai harian siswa semester gasal 2018/2019. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sehingga diperoleh semua butir item valid dan reliable yaitu berjumlah 34 butir item dengan titik kritis reliable sebesar 0,920. Teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, terdiri dari uji normalitas, uji linieritas serta untuk menentukan pengaruh dua variabel yaitu disiplin belajar dan hasil belajar siswa melalui perhitungan dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata disiplin belajar siswa terkategori sangat baik, rata-rata nilai ulangan harian siswa juga terkategori baik sekali yaitu 81,11, dan adanya pengaruh ditunjukkan dengan analisis korelasi sebesar 0,721, angka tersebutt termasuk dalam interval 0,600-0,799, artinya korelasi menunjukkan hubungan positif yang kuat antara disiplin belajar siswa dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Hasil belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:33
Last Modified: 13 Sep 2018 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36093

Actions (login required)

View Item View Item