PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

DANIR DWI CAHYANI, 145040043 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode Pre-Experimental yaitu penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dan tidak mungkin ada kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ialah siswa kelas XI MIPA SMA Pasundan 7 Bandung tahun ajaran 2017/2018 pada semester genap dengan sampel sebanyak 1 kelas dan jumlah siswa sebanyak 31 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes objektif berupa pilihan ganda (multiple choice) sebanyak 20 butir soal untuk memperoleh data utama pada ranah kognitif melalui pretest dan posttest, serta angket untuk memperoleh data penunjang berupa respo n siswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sebesar 40,97 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,58. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dengan N-Gain 0,62 termasuk kategori sedang. Setelah diketahui hasil pretest dan posttest tiap siswa maka dilakukan uji hipotesis pada software SPSS 22 dengan menggunakan uji one sample t test dengan taraf kepercayaan 95% (α = 0.05) menunjukkan nilai signifikan. Pembelajaran dengan metode ini mendapat respon positif siswa 70,16%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi sistem pertahanan tubuh dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar, Sistem Pertahanan Tubuh

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:10
Last Modified: 13 Sep 2018 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36087

Actions (login required)

View Item View Item