PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 129 Rancasawo Margasari Kota Bandung)

Siti Patonah, 145060182 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 129 Rancasawo Margasari Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa sunda.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I alhamdulilah-acc.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II alhamduliah-acc.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III alhamdulillah-acc.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
BAB IV alhamdulillah-acc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V alhamduliah-acc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku pada siswa kelas IV A SDN 129 Rancasawo Margasari Kota Bandung dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. hal ini dipengaruhi karena kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan karena penyampaian materi berpusat pada guru sehingga pembelajaran menjadi membosankan, tidak menyenangkan dan siswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, Observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning juga dapat meningkatkan sikap percaya diri, peduli dan aspek psikomotor peserta didik pada setiap siklusnya. Untuk belajar hasil belajar siklus I sebesar 56,66% siklus II Sebesar 66,66%, dan siklus III 80%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69 (cukup), siklus II sebesar 72 (baik), dan siklus III sebesar 81 (baik). Serta peningkatan sikap pecaya diri siswa dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 53,33%, siklus II sebesar 70%, dan siklus III sebesar 86,66%. Nilai rata -rata yang didapat mengalami peningkatan siklus I sebesar 72 (baik), siklus II sebesar 75 (baik), dan siklus III sebesar 83 (baik). dan peningkatan sikap ped uli siswa dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 80%, dan siklus III sebesar 93,33%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan siklus I sebesar 72 (baik), siklus II sebesar 77 (baik) dan siklus III sebesar 84 (baik). Peningkatan aspek psikomotor dari setiap siklusnya yaitu siklus I sebesar 46,66%, siklus II sebesar73,33%, dan siklus III sebesar 86,66%. Nilai rata -rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 66 (cukup), siklus II sebesar 78 (baik), dan siklus III sebesar 81 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar, sikap percaya diri, peduli dan aspek psikomotor siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:32
Last Modified: 13 Sep 2018 02:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36070

Actions (login required)

View Item View Item