PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KEARIFAN LOKAL PADA MATERI SISTEM GERAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Nur Izati Hasan, 145040131 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KEARIFAN LOKAL PADA MATERI SISTEM GERAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran berbasis permainan kearifan lokal pada penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan permainan khas kearifan lokal Jawa Barat yaitu perepet jengkol. Perepet jengkol merupakan permainan yang berhubungan dengan keseimbangan tubuh, kekuatan kaki, dan kelincahan tubuh sehingga cocok untuk dijadikan sebagai model pembelajaran tentang sistem gerak pada manusia. Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis permainan kearifan lokal perepet jengkol pada materi sistem gerak manusia. Penelitian ini merupakan penelitian metode pre-eksperimen dengan one group pretest posttest design yang mana penelitian ini hanya menggunakan satu kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol, penelitian ini dilakukan di SMAN 22 Bandung pada kelas eksperimen (XI IPS 2). Dalam penelitian ini digunakan instrumen sebagai alat ukur untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif berupa soal essay yang didalamnya memuat indikator kemampuan berpikir kreatif. Data hasil peningkatan berpikir kreatif siswa diperoleh dari hasil posttest dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif awal siswa (pretest) diperoleh nilai rata-rata 62,5 dan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah pembelajaran meningkat dengan diperolehnya nilai rata-rata yaitu 82,5. Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Permainan Kearifan Lokal, Perepet jengkol, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:18
Last Modified: 13 Sep 2018 02:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36066

Actions (login required)

View Item View Item