IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MEMBUAT KOMIK BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATERI VIRUS

YANI DWI DESTIAN, 145040003 (2018) IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MEMBUAT KOMIK BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATERI VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kreativitas siswa membuat komik berbantuan komputer pada materi virus dengan model pembelajaran project based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Desaigns dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Karawang dengan sampel penelitian kelas X IPA 4 berjumlah 34 siswa. Sampel dipilih dengan cara sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen penelitian yang di gunakan adalah tes, pengukuran tes dengan dilihat dari pretest dan posttest dan non tes mengukur ranah afektif untuk mengukur aspek afektif atau sikap, instrumen penilaian ranah psikomotor untuk mengukur aspek keterampilan dan penilaian produk untuk mengukur produk komik hasil pembuatan siswa. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata -rata pretest sebesar 19,11 dan rata-rata posttest sebesar 58,67 dengan N-gain sebesar 0,48 berada dalam kategori sedang. Dengan itu, nilai rata-rata penilaian aspek kreativitas yaitu pretest 32,3 dan posttest 69,8 sedangkan rata-rata nilai aspek afektif sebesar 85 berkategori baik dan rata-rata aspek psikomotor serta penilaian produk sebesar 89 keduanya dalam kategori sangat baik. Hasil uji hipotesis metode nonparametrik dengan uji wilcoxon menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai signifikansi ,000. Maka dapat di simpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kreativitas siswa membuat komik berbantuan komputer pada materi virus. Kata Kunci : Project Based Learning, meningkatkan kreativits, materi virus.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2018 08:33
Last Modified: 12 Sep 2018 08:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36064

Actions (login required)

View Item View Item