PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV A SD Negeri 063 Kebon Gedang Kecamatan Batununggal Kota Bandung)

Ghani Yulianto, 145060133 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV A SD Negeri 063 Kebon Gedang Kecamatan Batununggal Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (874kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia” dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV A SDN 063 Kebon Gedang Bandung. Hal ini dikarenakan masih kurangnya keterampilan pendidik dalam memilih model, metode dan strategi yang dari waktu ke waktu tidak berkembang Sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajar pun kurang maksimal. Oleh Karena itu diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa, salah satunya model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri, tanggung jawab, peduli dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Project Based Learning pada subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya alam di Indonesia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan diantaranya perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Adapun hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas IV A dengan menggunakan model PjBL menghasilkan peningkatan sikap pada setiap siklusnya, sikap percaya diri pada siklus I 15%, siklus II 74%, dan siklus III 85% dengan rata -rata siklus I 48 siklus II 73 dan siklus III 78, sikap tanggung jawab pada siklus I 63%, siklus II 81% siklus III 89% dengan rata-rata siklus I 69 siklus II 79 siklus III 83, sikap peduli pada siklus I 52% siklus II 78% siklus III 93% dengan rata -rata siklus I 68 siklus II 80 siklus III 85, serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya, siklus I 15% siklus II 81% siklus III 89% dengan rata -rata siklus I 55 siklus II 79 siklus III 84. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model project based learning dapat meningkatkan sikap percaya diri, tanggung jawab, peduli dan hasil belajar siswa pada subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Kata kunci : Project Based Learning, Sikap Percaya Diri, Tanggung Jawab, Peduli, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2018 06:41
Last Modified: 12 Sep 2018 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36055

Actions (login required)

View Item View Item