UPAYA GURU PKn DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN ROLE MODEL (Studi Deskriptif di SMP Negeri 1 Majalaya)

RIZKI FAKHRUR ROZI, 145010018 (2018) UPAYA GURU PKn DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN ROLE MODEL (Studi Deskriptif di SMP Negeri 1 Majalaya). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ENGLISH.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Jantung pendidikan terletak pada peran seorang guru yang menjadi ujung tombak dalam sebuah perubahan sehingga diharapkan akan munculnya generasi tangguh bagi bangsa dan negara. Untuk menularkan kedisiplinan, guru harus menjadi role model yang dapat ditiru oleh siswa, terutama guru PKn yang erat kaitannya dengan nilai, moral, dan norma, sudah seharusnya dapat menjadi contoh dalam membentuk kedisiplinan. Kedisiplinan dibutuhkan untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab siswa yang akan berguna bagi keberhasilannya dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) kesadaran siswa dalam mematuhi peraturan sekolah di SMPN 1 Majalaya, (2) upaya guru PKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Majalaya melalui pendekatan role model, (3) hambatan bagi guru PKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Majalaya melalui pendekatan role model, (4) solusi guru PKn untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Majalaya melalui pendekatan role model. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, angket, studi literatur dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesadaran siswa dalam mematuhi peraturan di SMPN 1 Majalaya sudah terkondisikan dengan baik, namun perlu ditingkatkan lagi karena masih ada beberapa siswa yang melanggar peraturan sekolah; (2) sikap keteladanan disiplin waktu, bertutur kata yang baik, berpakaian rapih, berkahlak yang baik, dan cerdas serta tanggungjawab merupakan upaya guru PKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah; (3) hambatan yang dialami guru PKn yaitu pada pelaksanaanya memerlukan proses yang cukup panjang serta kurangnya pastisipasi siswa itu sendiri; (4) solusi yang dilakukan oleh guru PKn yaitu dengan melakukan evaluasi selesai pembelajaran, penerapan keteladanan bukan saja oleh guru PKn semata, melainkan oleh semua guru mata pelajaran, dan bekerja sama dengan guru BK untuk memberikan sosialisasi sebagai bentuk pembinaan dalam melatih kedisiplinan siswa. Kata Kunci : Upaya guru PKn, kedisiplinan siswa, role model.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2018 06:33
Last Modified: 12 Sep 2018 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36054

Actions (login required)

View Item View Item