PERANAN TEKNOLOGI SMARTPHONE DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NASIONAL BANDUNG (Penelitian Studi Deskriptif ini dilakukan di SMK Nasional Bandung)

ADITA AYU RETNO, 145010052 (2018) PERANAN TEKNOLOGI SMARTPHONE DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NASIONAL BANDUNG (Penelitian Studi Deskriptif ini dilakukan di SMK Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT inggris.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK indo.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran teknologi Smartphone dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini di latar belakangi pada penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran adakah dampak terhadap prestasi siswa khusunya dalam mata pelajaran PPKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana peranan teknologi smartphone dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan pendakatan kualitatif, dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah Guru mata pelajaran PPKn dan peserta didik SMK Nasional Bandung. Pengumpulan data dan Instrumen penelitian dalam metode kualitatif yaitu observasi, wawancara, angket, studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: Melalui wawancara, peran teknologi smartphone dalam proses pembelajaran terhadap prestasi siswa dalam mata pelajaran PPKn secara umum di SMK Nasional Bandung untuk penggunaan teknologi smartphone dalam proses pembelajaran sangat berperan dan membantu siswa dan kalau untuk meningkatkan prestasi siswa itu tidak berdampak belajar menggunakan smartphone. Namun dikarenakan teknologi smartphone sangat berperaan terhadap proses pembelajaran khusunya dalam mata pelajaran PPKn guru masih memperbolehkan siswa menggunakan smartphone dalam prses pembelajaran. hasil angket yang penulis deskripsikan, penggunaan teknologi smartphone sangat membantu mencari informasi pada proses pembelajaran hal ini dapat di lihat di atas dalam diagram 4.4 menyatakan 56% siswa menyetujui penggunaan teknologi smartphone memudahkan dalam mencari materi dan informasi pada saat pembelajaran, adapun 44% lainnya menjawab setuju. Dan kalau untuk penggunaan smartphone dapat meningkatkan prestasi belajar dapat di lihat di dalam diagram 4.7 menyatakan 44% ragu bahwa penggunaan smartphone tidak meningkatkan prestasi belajar adapun 40% setuju, 4% menyetujui, dan 12% tidak setuju. Kata Kunci: Teknologi smartphone, Proses Pembelajaran, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:28
Last Modified: 12 Sep 2018 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36044

Actions (login required)

View Item View Item