Imalia Dwi Rosmayanti, NPM : 168060035 (2018) MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN KREATIF SERTA SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SMK. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.
Text
ARTIKEL JURNAL IMALIA DWI ROSMAYANTI (168060035).doc Download (40kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir logis dan berpikir kreatif yang merupakan bagian dari kemampuan tingkat tinggi yang juga merupakan bagian dari tujuan pembelajaran matematika adalah salah satu modal untuk menghadapi tantangan kehidupan. Seseorang yang dapat mengenal dan menghindari kesalahan logis dalam penalaran dan juga berpikir kreatif akan dapat berpikir lebih jelas dan tepat, lebih baik dan lebih yakin (self efficacy), apapun yang merupakan pokok persoalan yang dia hadapi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana kemampuan berpikir logis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching maupun yang menggunakan pembelajaran konvensional, (2) mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching maupun yang menggunakan pembelajaran konvensional, (3) mengetahui bagaimana self efficacy siswa dalam pembelajaran matematika yang mendapatkan model pembelajaran Reciprocal Teaching maupun yang menggunakan pembelajaran konvensional, (4) mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir logis, berpikir kreatif, dan self efficacy matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching maupun yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah Embedded Design. Penelitian dilaksanakan di SMK Pasundan 4 Bandung pada tahun pelajaran 2017/2018 semester genap. Penelitian menunjukan kemampuan berpikir logis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Reciprocal Teaching tidak lebih baik atau sama dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Reciprocal Teaching tidak lebih baik atau sama dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, self efficacy matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Reciprocal Teaching tidak lebih baik atau sama dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, dan terdapat kolerasi positif antara self efficacy matematis, kemampuan berpikir logis matematis, dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Reciprocal Teaching maupun siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional walaupun dengan interpretasi keofisien korelasi sangat rendah. Kata kunci: Reciprocal Teaching, Kemampuan Berpikir Logis Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self Efficacy Matematis
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 03:16 |
Last Modified: | 12 Sep 2018 03:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36043 |
Actions (login required)
View Item |