PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 063 Kebon Gedang kecamatan Batununggal Kota Bandung)

Dede Sobariah, 145060200 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 063 Kebon Gedang kecamatan Batununggal Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover sip skripsi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia” di kelas IV C SDN 063 Kebon Gedang dengan jumlah 28 peserta didik penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dan kurangnya sikap percaya diri, tanggung jawab dan peduli serta kurangnya keterampilan berkomunikasi. Berdasarkan observasi awal bahwa pembelajaran sering dilaksanakan dengan model konvensional yaitu ceramah (teacher center). Hal tersebut menyebabkan banyak peserta didik yang belum mencapai KKM, oleh karena itu diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan peningkatan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan sikap percaya diri, tanggung jawab dan peduli serta keterampilan berkomunikasi, salah satunya model Problem Based Learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua tindakan atau pembelajaran. Adapun hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV C dengan menerapkan model PBL menghasilkan peningkatan dari setiap siklusnya. Hasil Belajar Siklus I jumlah peserta didik yang tuntas hanya 13 persentse sebesar 46%, pada siklus II jumlah peserta didik yang tuntas berjumlah 18 persentase 64% dan pada siklus III jumlah peserta didik yang tuntas berjumlah 26 persentase 93% dan dinyatakan telah mencapai KKM. Sikap Percaya Diri siklus I sebesar 32%, siklus II sebesar 71% dan pada siklus III sebesar 86%. Sikap Tanggung Jawab siklus I sebesar 43%, pada siklus II sebesar 79% dan pada siklus III sebesar 89%. Sikap Peduli siklus I sebesar 36%, pada siklus II 75% dan pada siklus III sebesar 93%. Keterampilan Berkomunikasi siklus I sebesar 21% pada siklus II sebesar 79% dan pada siklus III sebesar 93%. Dari data yang diperoleh maka disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menererapkan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, meningkatkan sikap percaya diri, tanggung jawab dan peduli serta meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sikap Percaya Diri, Sikap Tanggung Jawab, Sikap Peduli dan Keterampilan Berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Sep 2018 07:02
Last Modified: 08 Sep 2018 07:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36030

Actions (login required)

View Item View Item