PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 033 Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung)

FERTY RAMADHANI, 145060010 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 033 Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Caver pdf.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PDF.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II pdf.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III pdf.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan SDN 033 Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung dengan subjek penelitian pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 30 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar ini masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, sehingga menyebabkan siswa jenuh atau bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema manusia dan lingkungan dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Model Poblem Based Learning dapat meningkatkan sikap kerjasama, sikap percaya diri, keterampilan, pemahaman dan hasil belajar. Hal tersebut dapat terlihat dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 68% siklus II 79% dan siklus III 91 %. Kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 70% siklus II 78% dan siklus III 88%. Ketiga, peningkatan sikap kerjasama yaitu pada siklus I mencapai 46% siklus II 63% dan siklus III 83%. Empat, peningkatan sikap percaya diri yaitu pada siklus I mencapai 50% siklus II 70% dan siklus III 86%. Kelima, peningkatan kognitif atau pemahaman siswa yaitu pada siklus I mencapai 27% siklus II 80% dan siklus III 90%. Keenam, peningkatan keterampilan yaitu pada siklus I mencapai 46% siklus II 66% dan siklus III 83%. Ketujuh, peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Sep 2018 06:34
Last Modified: 08 Sep 2018 06:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36026

Actions (login required)

View Item View Item