PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Cibiru VIII Tahun Ajaran 2018/2019)

ISMA MUHDIAWATI, 145060159 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Cibiru VIII Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku pada siswa kelas IV SDN Cibiru VIII dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yaitu kurang kreatifnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga menyebabkan pembelajaran monoton dan siswa kurang memahami materi yang telah di sampaikan. Desain penelitian ini menggunakan model PTK, yang terdiri dari III siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh hasil sebesar 2,98% meningkat pada siklus II sebesar 3,18% dan meningkat pada siklus III sebesar 3,55%. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh hasil sebesar 3,5% meningkat pada siklus II sebesar 3,55% dan meningkat pada siklus III sebesar 3,65%. Pada hasil belajar siswa yang diperoleh dari tiga aspek yaitu aspek afektif, kognitif dan psikomotor. Menunjukan bahwa pada siklus I siswa meraih ketuntasan sikap peduli (afektif) 22,7% sedangkan sikap santun meraih 27,2%, pengetahuan (kognitif) sebesar 50% dan keterampilan sebesar (psikomotor) sebesar 91%. Pada tindakan siklus III yang merupakan perbaikan dari hasil post test pada siklus II mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap peduli sebesar 90,9% sedangkan sikap santun meraih 90,9%, pengetahuan sebesar 91% dan keterampilan sebesar 95,4%. Hal itu di karenakan pada model Problem Based Learning yang aktif selama pembelajaran adalah siswa sedangkan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Kesimpulan yang di peroleh dari peneliti ini adalah bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cibiru VIII. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Sep 2018 06:27
Last Modified: 08 Sep 2018 06:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36025

Actions (login required)

View Item View Item